Inilah Manfaat, Mitos, hingga keunikan dari bunga Wijaya Kusuma

Update Terakhir:

Apakah Kamu pernah melihat bunga wijayakusuma? Bunga Wijayakusuma tergolong dalam bunga yang unik dan langka yang bisa kamu temukan di berbagai daerah di Indonesia. Alasan mengapa bunga wijayakusuma langka karena dibutuhkan waktu sekitar satu tahun lamanya untuk melihat bunga ini mekar. Tanaman dari bunga wijayakusuma sangat mudah untuk didapatkan karena banyak tersebar di setiap daerah, tapi untuk melihat bunga wijayakusuma ini mekar sangat jarang orang yang pernah menyaksikan. Bahkan ada beberapa mitos yang menyebutkan bahwa barangsiapa yang pernah menyaksikan bunga wijayakusuma mekar akan mendapatkan banyak keberuntungan. Bunga Wijayakusuma juga dikenal sebagai sang ratu malam karena bunga wijayakusuma hanya mekar di malam hari. sebab itu arti dari nama wijayakusuma adalah bunga kejayaan.

 

Bunga Wijayakusuma tergolong dalam keluarga besar kaktus. Bunga ini juga biasanya tumbuh di tempat atau lingkungan yang kering. Bunga Wikayakusuma bukanlah tumbuhan asli Indonesia melainkan dibawa oleh para pedagang yang berasal dari benua Amerika yaitu Venezuela dan kepulauan Karibia.

Untuk menanam bunga Wijayakusuma tidaklah terlalu sulit dan cara pemeliharaannya juga terbilang mudah. Yang diperlukan agar tanaman bunga wijayakusuma hanyalah beberapa faktor seperti kesuburan dari tanah, iklim, dan cara penanganan yang tepat agar bisa menghasilkan bunga yang mekar sempurna. Kalau salah satu faktor tersebut ada yang tidak terpenuhi maka tanaman ini sedikit sulit untuk berbunga.

Satu hal lagi yang membuat bunga wijayakusuma ini lebih unik dari jenis bunga lainnya adalah Bunga ini hanya mekar sekali dalam kurun waktu satu tahun. Bunga Wijayakusuma hanya mekar di malam hari dan akan menjadi layu dan menguncup kembali saat matahari mulai terbit. Jadi bunga Wijayakusuma hanya bsa bertahan beberapa jam saja.

Dalam sebuah buku Belajar Spiritual bersama The Thinking General dijelaskan juga bahwa bunga Wijayakusuma memiliki banyak berkah bagi orang jawa. Bahkan dalam sebuah kisah pewayangan bunga ini disebut sebagai benda pusaka milik Bathara Kresna, titisan dewa Wisnu sang pemelihara alam semesta. Dalam budaya keraton Yogyakarta dan Surakarta ada sebuah tradisi yang mengharuskan calon raja yang akan naik tahta untuk memetik bunga Wijayakusuma yang sedang mekar. Raja yang berhasil memetik bunga ini dalam keadaan sedang mekar menurut mitos diyakini akan membawa kejayaan bagi kerajaan yang akan dipimpinnya kelak.

Di balik berbagai mitos yang menyertai bunga misterius ini, yang pasti bunga wijayakusuma merupakan tanaman obat yang banyak sekali dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sejak lama. Beberapa khasiat dari bunga Wijayakusuma antara lain mampu menghilangkan rasa sakit, menetralisir pembekuan darah, dan dapat menyembuhkan luka abses. Selain itu, bunga Wijayakusuma juga mempunyai manfaat sebagai obat anti radang, obat batuk, juga pendarahan (hemostatis), dan mengatasi batuk asma, batuk darah, hingga muntah darah.

Tinggalkan Komentar