Ini Dia Fakta Menarik Dari Bunga Anggrek [Part 3]

Update Terakhir:

Kalau sebelumnya kita sudah bahas 10 Fakta Menarik Dari Bunga Anggrek di Part 1 & 2, kita akan bahas fakta sisanya disini:

  1. Ukuran tanaman bunga anggrek tergantung dari spesiesnya
    Tanaman dari bunga anggrek ada yang berukuran kecil dan ada juga berukuran sangat besar, dengan berat beberapa ratus gram. Grammatophyllum merupakan satu spesies anggrek yang memiliki ukuran sedang hingga yang paling besar, termasuk spesies tanaman anggrek raksasa (Grammatophyllum speciosum), dipercaya sebagai tanaman anggrek terbesar dari semua spesies Anggrek yang ada. Tanaman bunga anggrek dapat tumbuh hingga mencapai 2,5 m. Plztystele jungermannioides, dimana merupakan spesies terkecil hanya tumbuh sampau 2 mm saja. tanaman anggrek juga dapat mekar dan mencapai beberapa ratus kilo sampai satu ton. Akarnya membuat bentuk yang spektakuler. 
  2. Setiap bunga anggrek memiliki bentuk yang simetris,
    Hal ini membuat bunga anggrek bisa dibelah menjadi dua bagian yang sama persis.
  3. Ukuran, bentuk dan tekstur daun anggrek akan tergantung di mana habitatnya.
    Bunga Anggrek yang tumbuh di daerah yang kering akan memiliki daun yang tebal dengan lapisan lilin. Sementara bunga anggrek yang tumbuh di daerah yang basah akan memiliki daun yang tipis dengan daun memanjang. Bahkan beberapa jenis bunga anggrek yang tidak memiliki daun.
  4. Tanaman anggrek tidak memiliki akar yang sama.
    Bunga Anggrek ada yang memiliki akar rimpang, umbi dan akar di udara.
  5. Anggrek memiliki cara hidup yang beragam
    Bunga Anggrek bisa hidup di tanah (bentuk terestial), ada juga yang melekat di batang pohon (epifit) dan hidup di bawah tanah. 
  6. Beberepa jenis spesies anggrek hidup sebagai parasit.
    Bunga Anggrek tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri menggunakan sinar matahari dan karbon dioksida seperti tanaman lainnya. jadi, bunga Anggrek hanya mendapatkan makanan dari jamur yang ada di setiap akar mereka.
  7. Hubungan antara spesies anggrek tertentu dengan serangga sangatlah dekat.
    Ada beberapa jenis bunga Anggrek yang memiliki kelopak bunga seperti serangga betina sehingga menarik serangga jantan untuk menempel di kelopaknya dan kemudian serangga tersebut membantu anggrek tersebut untuk melakukan penyerbukan. Anggrek Apifera atau lebih dikenal dengan blue orchid mempunyai aroma dan bentuk yang sangat menarik.
  8. Orang menggunakan bunga anggrek untuk berbagai kepentingan.
    Kandungan zat yang terkandung di dalam bunga anggrek banyak sekali digunakan oleh perusahaan parfum, rempah-rempah dan obat tradisional yang ada di Asia.

Tinggalkan Komentar